0561 678 3449 / 0561 678 3450
0561 678 3450
0561 678 3450
Hubungi Kami
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
@rsud_ssma
  • Survei Akreditasi RSUD Kota Pontianak

  • Peraturan Walikota Nomor 50 Tahun 2018 Tentang Tarif Layanan RSUD Kota Pontianak

  • Laporan Validasi Indikator Mutu Klinis di RSUD Kota Pontianak

  • Survei Simulasi Akreditasi RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak

  • Pelantikan Kepala Instalasi, Kepala Ruang dan Pengambilan Sumpah Kerahasiaan Rekam Medis Pasien di RSUD Pontianak


Temukan Dokter
: - :
Informasi Kesehatan

Thursday | 2019-08-15 13:07:50
Saturday | 2019-07-20 22:22:58
Thursday | 2019-04-04 11:39:28
Monday | 2019-03-18 09:28:11
Wednesday | 2019-03-06 14:12:01
RSUD Pontianak Adakan In House Training Komunikasi Efektif Standar Akreditasi
Tuesday 2019-04-30 10:41:08 Bagikan ke Share to Facebook Share to Tweeter


Komunikasi menjadi hal penting dalam pelayanan publik. Rumah Sakit sebagai institusi layanan publik yang memberikan pelayanan medis, senantiasa terkait dengan bagaimana melakukan komunikasi efektif antar sesama professional di rumah sakit, kepada pasien, pengunjung dan pengguna layanan medis lainnya di rumah sakit. Komunikasi efektif di rumah sakit juga terkait dengan aspek keselamatan pasien. Dalam standar akreditasi rumah sakit, diatur tentang bagaimana rumah sakit mengupayakan regulasi dan implementasi komunikasi yang mampu menghadirkan pelayanan yang berkualitas dan professional di rumah sakit sehingga berdampak positif terhadap aspek keselamatan pasien di rumah sakit.

Komunikasi efektif dalam konteks layanan rumah sakit merupakan upaya rumah sakit dalam meningkatkan efektifitas tata komunikasi di internal rumah sakit, baik antara petugas professional, ke pasien dan pengunjug rumah sakit lainnya, baik verbal maupun non verbal yang bertujuan mengurangi kesalahan-kesalahan akibat komunikasi yang tidak lengkap, tidak akurat dan ambigu.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas komunikasi petugas di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, Seksi Penyuluhan dan Pemasaran RSUD Kota Pontianak bekerjasama dengan Health Promoting Hospital and Health Service Indonesia (HPA) menyelenggarakan Ih House Training Pelatihan Komunikasi Efektif sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit. Kegiatan ini berlangsung di Restoran Cita Rasa Kota Pontianak pada tanggal 29-30 April 2019 dengan mengikutsertakan para kepala instalasi dan poliklinik di RSUD Kota Pontianak, serta perawat dan dokter di instalasi perawatan. Hadir sebagai narasumber diantaranya Neggih Wahyuni, SIP, MA yang sudah tidak asing lagi sebagai Trainer dari Health Promoting Hospital (HPH) Indonesia, beliau juga seringkali aktif menjadi narasumber topik akreditasi rumah sakit dari Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta. Sebagai pembicara lainnya panitia menghadirkan surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yakni Dr. Suprapto, S.Pd, S.Kp, MM, serta Sugiarsih, Ns, MPH dari Komite Mutu dan Keselamatan Pasien di RS Akademik UGM Yogyakarta. Ketiga pembicara merupakan narasumber berkompeten pada topik komunikasi efektif dalam standar akreditasi SNARS.

Diharapkan dengan pelaksanaan In House Training Komunikasi Efektif ini, seluruh petugas rumah sakit RSUD Kota Pontianak dapat lebih meningkatkan output komunikasi yang efektif, dan akurat, sehingga berdampak positif terhadap aspek keselamatan pasien rumah sakit sesuai standar yang ditetapkan dalam akreditasi rumah sakit. (Andi).




























BERANDAPROFILEJENIS PELAYANANFASILITASJURNAL KESEHATAN DAN KEDOKTERANREGULASIPROMOSI & KEGIATANPENGADAAN
Copyright © 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak