0561 678 3449 / 0561 678 3450
0561 678 3450
0561 678 3450
Hubungi Kami
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
@rsud_ssma
  • Survei Simulasi Akreditasi RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak

  • Pelantikan Kepala Instalasi, Kepala Ruang dan Pengambilan Sumpah Kerahasiaan Rekam Medis Pasien di RSUD Pontianak

  • RSUD Kota Pontianak Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Adha 1440 H

  • Pemasangan PIN "STOP Gratifikasi dan Korupsi" RSUD Pontianak

  • Yel Yel Akreditasi RSUD Kota Pontianak


Temukan Dokter
: - :
Informasi Kesehatan

Thursday | 2019-08-15 13:07:50
Saturday | 2019-07-20 22:22:58
Thursday | 2019-04-04 11:39:28
Monday | 2019-03-18 09:28:11
Wednesday | 2019-03-06 14:12:01
Layanan Pengaduan Masyarakat “SIPPANDUMAS” RSUD Kota Pontianak
Monday 2018-06-25 08:29:37 Bagikan ke Share to Facebook Share to Tweeter


Menjelang pertengahan tahun 2018 ini, RSUD Sultan Syarif  Mohamad Alkadrie Kota Pontianak kembali meluncurkan program inovasi pelayanan publik berbasis online, salah satunya adalah inovasi SIPPANDUMAS. SIPPANDUMAS merupakan inovasi dalam sistem penanganan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Kota Pontianak berbasis online.

 

Direktur RSUD RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie mengatakan bahwa : “SIPPANDUMAS ini merupakan satu inovasi bagi RS kota dari beberapa inovasi yang sudah kita dilakukan, jadi kita juga ada inovasi antidiskrimasi, kemudian juga inovasi penggunaan E-Resep kemudian hari ini kita launching dua inovasi untuk rumah sakit kota yang nantinya untuk peningkatan layanan kepada masyarakat”

 

Dengan sistem ini, masyarakat kota Pontianak dapat melayangkan pengaduan menggunakan layanan aplikasi kalkun dengan layanan SMS Gateway, dan dapat diaplikasikan pada server dan perangkat komunikasi handphone, baik GSM maupun CDMA. Masyarakat cukup mengirimkan SMS ke Nomor 081250191007, dan SMS tersebut akan diterima secara online pada bagian pengaduan sistem SIPPANDUMAS tersebut sehingga penggunaan layanan ini tidak mengharuskan handphone berbasis android karena cukup dengan menggunakan fitur pengiriman SMS. Peluncuran inovasi ini merupakan bagian dari komitmen RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat termasuk dalam hal penerimaan, dan penanganan keluhan / pengaduan terhadap layanan di RSUD Pontianak ini. Pesan SMS Online yang dikirimkan oleh masyarakat akan diterima pada sistem dan dapat diketahui identitasnya karena layanan ini mengharuskan identifikasi yang benar dari masyarakat yang menyampaikan pengaduan, dan nantinya akan terdata pada sistem rekam medik Rumah Sakit.

 

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ibu Surhaini, SKM selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak saat launching inovasi SIPPANDUMAS pada 16 mei 2018 “…….Ada kayak alur, Alur pedoman pelaksanaan, kemudian  yang kita tanggapi adalah yang melalui media ini yang memiliki identitas yang jelas, yang mengadu seperti melalui SIPPANDUMAS ini kita bisa tau melalui rekam medik, karena alamat dan No HP nya jelas, artinya mereka pasiennya jelas kita follow up, kemudian mereka yang menyampaikan aduan itu harus ada identitas sperti KTP dan segala macam, itu yang kami respon…”.

 

Selain SIPPANDUMAS Kalkun Online ini, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan melalui mekanisme lain yang telah diatur di RSUD RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, seperti : Pojok Pengaduan dan Informasi yang tersedia di Aula utama Ruang Pendaftaran Rawat Jalan, Kotak Saran yang disediakan, website resmi di www.rsudkotapontianak.com, serta media terintegrasi dengan aplikasi Gencil (e-lawar) milik Pemerintah Kota Pontianak, dan media cetak, elektronik lainnya yang terdaftar resmi di komunitas humas rumah sakit.

 

Sebagai salah satu fasilitas layanan publik di Kota Pontianak. Komitmen RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie dalam meningkatkan mutu layanannya tentu menjadi prioritas yang utama agar layanan yang diterima masyarakat dapat transparan, adil dan akuntable. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 pada pasal 40 disebutkan bahwa penyelenggara layanan publik wajib mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dimana salah satu bentuk keikutsertaan masyarakat adalah berupa pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik. Implementasi keikutsertaan masyarakat tersebut dapat berupa penyampaian masukan, tanggapan, laporan dan atau pengaduan kepada penyelenggara pelayanan publik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Penyelenggara pelayanan publik yang menerima pengaduan masyarakat wajib menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan dengan mekanisme yang benar dengan mengedepankan musyawarah, mufakat, dan keberagaman masyarakat.

 

Salah satu bentuk upaya peningkatan pelayanan publik, sistem SIPPANDUMAS ini hadir dalam rangka memenuhi komitmen RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie untuk memudahkan masyarakat berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie dan sebagai media sarana komunikasi antara rumah sakit dan masyarakat. (As).




























BERANDAPROFILEJENIS PELAYANANFASILITASJURNAL KESEHATAN DAN KEDOKTERANREGULASIPROMOSI & KEGIATANPENGADAAN
Copyright © 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak