0561 678 3449 / 0561 678 3450
0561 678 3450
0561 678 3450
Hubungi Kami
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
@rsud_ssma
  • Survei Simulasi Akreditasi RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak

  • Pelantikan Kepala Instalasi, Kepala Ruang dan Pengambilan Sumpah Kerahasiaan Rekam Medis Pasien di RSUD Pontianak

  • RSUD Kota Pontianak Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Adha 1440 H

  • Pemasangan PIN "STOP Gratifikasi dan Korupsi" RSUD Pontianak

  • Yel Yel Akreditasi RSUD Kota Pontianak


Temukan Dokter
: - :
Informasi Kesehatan

Thursday | 2019-08-15 13:07:50
Saturday | 2019-07-20 22:22:58
Thursday | 2019-04-04 11:39:28
Monday | 2019-03-18 09:28:11
Wednesday | 2019-03-06 14:12:01
Kunjungan Tim “Novo Nordisk” ke Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak
Friday 2018-08-10 17:40:58 Bagikan ke Share to Facebook Share to Tweeter


RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie menerima kunjungan perwakilan Tim “Novo Nordisk” siang hari ini 10 agustus 2018. Novo Nordisk merupakan perusahaan global yang berpusat di Denmark dan fokus bergerak dalam bidang inovasi pengembangan dan perawatan pasien penderita penyakit diabetes mellitus. Perusahaan ini telah berkontribusi secara global dan berpengalaman selama lebih dari 93 tahun dalam upaya membantu penanganan diabetes di dunia, termasuk juga penyakit haemophili, obesitas serta penyakit degeneratif dan kronis lainnya.

Pada kunjungan pertama kalinya ini, Novo Nordisk memberikan apresiasi terhadap upaya aktif layanan Klinik Diabetes Mellitus di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak merupakan bentuk kepedulian manajemen rumah sakit terhadap tingginya angka penderita diabetes yang berkunjung di RSUD Kota Pontianak. Berdasarkan data kunjungan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kota Pontianak diketahui bahwa jumlah kunjungan pasien dengan keluhan diabetes menempati urutan kedua pada periode Januari hingga Juli 2018. Dan pada tahun 2017 merupakan penyakit terbesar ketiga dari sepuluh penyakit besar di RSUD Kota Pontianak. Data tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah kasus diabetes di wilayah kerja RSUD Kota Pontianak. Menurut dokter I Ketut Sujana, Sp.PD selaku penggagas pembentukan klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak bahwa peningkatan jumlah kasus Diabetes dapat disebabkan karena meningkatnya kunjungan pasien dari luar kota Pontianak, baik dari Kabupaten Kuburaya maupun kabupaten lain disekitarnya.

Tingginya angka penyakit diabetes juga menunjukkan pentingnya upaya deteksi secara dini untuk mengenali faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan peningkatan gula darah (Hyperglikemia) sekaligus sebagai sarana edukasi pola hidup sehat kepada masyarakat luas sebagaimana program Germas yang digulirkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kunjungannya, perwakilan Novo Nordisk juga meninjau ruangan klinik Diabetes RSUD Pontianak, dan mengobservasi media-media yang digunakan untuk mengedukasi pasien Diabetes. Kedepannya akan dijalin kerjasama intens antara pihak Novo Nordisk dan RSUD Kota Pontianak dalam upaya memaksimalkan ketersediaan sumber daya sarana prasarana, dan fasilitas edukasi, serta upaya peningkatan manajemen tata kelola Klinik Diabetes di RSUD Kota Pontianak. Dalam hal ketersediaan sumber daya manusia, Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak memiliki tiga petugas utama yang terdiri dari satu orang dokter, satu orang nutrisionis dan satu orang perawat. Hingga saat ini layanan Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak masih berfokus pada upaya mengedukasi masyarakat terutama penderita Diabetes Mellitus (DM) baik pasien di rawat inap maupun pengunjung rawat jalan agar mau dan mampu secara mandiri mengupayakan kontrol terhadap kadar gula dalam darah, baik dengan cara mengatur jenis konsumsi makanan maupun dengan meningkatkan frekuensi aktifitas fisik. (As).




























BERANDAPROFILEJENIS PELAYANANFASILITASJURNAL KESEHATAN DAN KEDOKTERANREGULASIPROMOSI & KEGIATANPENGADAAN
Copyright © 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak