0561 678 3449 / 0561 678 3450
0561 678 3450
0561 678 3450
Hubungi Kami
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
@rsud_ssma
  • PENGUMUMAN JADWAL PELAYANAN RAWAT JALAN SELAMA CUTI BERSAMA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M

  • PENGUMUMAN JAM KERJA PELAYANAN RAWAT JALAN SELAMA BULAN RAMADHON 1440 H / 2019 M

  • RSUD Pontianak Adakan In House Training Komunikasi Efektif Standar Akreditasi

  • Penerapan Fitur Sidik Jari Pasien di RSUD Kota Pontianak

  • RSUD SSMA Pontianak Selenggarakan In House Training PPI Dasar


Temukan Dokter
: - :
Informasi Kesehatan

Friday | 2019-04-30 10:47:31
Thursday | 2019-04-04 11:39:28
Monday | 2019-03-18 09:28:11
Wednesday | 2019-03-06 14:12:01
Tuesday | 2018-06-05 11:17:13
Survei Kepuasan Masyarakat di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak
Monday 2018-09-17 14:44:59 Bagikan ke Share to Facebook Share to Tweeter


Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan publik bidang kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan rujukan dan mempunyai peran strategis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Di Kota Pontianak, kebutuhan dan keinginan (need and demand) masyarakat Kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan yang bermutu dan terjangkau serta berkualitas menjadi sesuatu yang teramat urgen. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pontianak telah berupaya mewujudkan sarana layanan kesehatan rumah sakit yang telah aktif beroperasi sejak tahun 2012, dan hingga kini senantiasa meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana prasarana layanan kesehatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, maka diperlukan input Survei Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan secara berkala setiap 1 (satu) semester atau 6 bulan sekali oleh Tim Survei Kepuasan Masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah strategis dan rutin dalam mengukur dan menjaga menjaga kualitas mutu layanan kesehatan. Sebagai salah satu sarana layanan publik, RSUD Kota Pontianak perlu membangun kepercayaan masyarakat dimana salah satunya adalah dengan menggali masukan dan kritikan maupun keluhan masyarakat terhadap kualitas layanan di RSUD Kota Pontianak. Dengan demikian akan senantiasa mendapatkan input masukan berharga dari masyarakat agar dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan di RSUD Kota Pontianak.

Hasil Survei Kesehatan Masyarakat ini juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki unsur pelayanan kesehatan yang dianggap kurang dan perlu perbaikan serta menjadi pendorong bagi setiap unit penyelenggara pelayanan kesehatan di internal Rumah Sakit untuk kembali memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

Pelaksanaan Survei Kesehatan Masyarakat ini mengacu kepada beberapa regulasi sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  3. Permenpan Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
  4. Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat unit penyelenggaraan pelayanan publik.

Pada semester pertama tahun 2018 ini, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie kembali mengadakan Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan pada masyarakat pengunjung Instalasi rawat jalan, rawat inap, laboratorium, apotek, IGD, kebidanan & perinatologi dan Instalasi radiologi dengan jumlah responden sebanyak 380 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah ditetapkan berdasarkan Permenpan No.14 Tahun 2017. Adapun pelaksana survei dilakukan oleh surveyor independent melalui proses seleksi sebagaimana ketentuan yang ditugaskan mengumpulkan data kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie menggunakan indikator yang ditetapkan Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 dan sesuai dengan ruang lingkup layanan rumah sakit berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (SPM-RS).

Hasil pengumpulan data dari responden yang berkunjung di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak didapatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada semester pertama tahun 2018 adalah 80.25.

Berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017, maka hasil Survei Kepuasan Masyarakat di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak dengan nilai 80,25 berada pada kategori mutu layanan Baik (B).




























BERANDAPROFILEPELAYANANPROMOSI & KEGIATANFASILITASPENGADAANMitra Kerjasama
Copyright © 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak