0561 678 3449 / 0561 678 3450
0561 678 3450
0561 678 3450
Hubungi Kami
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
@rsud_ssma
  • Pengumuman Kelulusan CPNS Kota Pontianak

  • Survei Kepuasan Masyarakat Periode Juni-Des 2018

  • Survei Verifikasi Akreditasi RSUD Kota Pontianak

  • Penyerahan Hadiah Langsung kepada Pemenang Lomba Desain Logo RSUD Pontianak oleh Direktur RSUD Pontianak

  • Kunjungan PEKAHUS Sarawak Malaysia ke RSUD Pontianak


Temukan Dokter
: - :
Informasi Kesehatan

Friday | 2018-12-07 16:23:20
Tuesday | 2018-06-05 11:17:13
Thursday | 2018-05-31 14:25:22
Thursday | 2018-05-31 11:37:13
Monday | 2018-05-07 15:04:45
Car Free Day, Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak Peringati ‘World Diabetes Day”
Sunday 2018-11-11 21:45:12 Bagikan ke Share to Facebook Share to Tweeter


Memperingati “World Diabetes Day”, Klinik Edukasi Diabetes RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak menggelar kegiatan senam diabetes dan cek gula darah gratis pada moment Car Free Day di Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak, minggu pagi 11 november.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari penderita dan keluarga penderita Diabetes di seluruh wilayah kerja Puskesmas se-Kota Pontianak, mengikutsertakan keluarga penderita diabetes merupakan urgensi utama dari peringatan hari diabetes dunia tahun ini dengan tema “The Family and Diabetes” yang dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization). Rangkaian kegiatan diawali dengan senam diabetes dilanjutkan pembukaan kegiatan dengan kata sambutan dari Direktur RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, drg.Yuliastuti Saripawan, M.Kes. Dalam sambutannya, Direktur RSUD Kota Pontianak menyampaikan pentingnya memperhatikan kadar gula darah dengan cara mengecek secara rutin, agar dapat mengontrol dan mencegah dini terjadinya peningkatan gula darah yang berdampak pada resiko terjadinya Diabetes. Direktur juga mensosialisasikan kembali Klinik Edukasi Diabetes RSUD Kota Pontianak yang memberikan layanan secara gratis berupa konsultasi dan edukasi tentang penyakit diabetes.

Selain kegiatan senam Diabetes, kegiatan ini juga mengadakan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) gratis. Peserta senam melakukan pemeriksaan gula darah terlebih dahulu kemudian dilanjutkan senam bersama. Pasca senam diabetes, panitia memberikan kegiatan lomba edukatif, berupa games “ular tangga” dan talkshow antara peserta dengan dokter spesialis Penyakit Dalam. Hadir dalam kegiatan ini dua orang dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSUD Kota Pontianak, yakni dr. I Ketut Sujana,Sp.PD yang juga adalah Ketua Panitia kegiatan serta dr. Amanda Hardigaloeh, Sp.PD.

Dalam sambutannya selaku Ketua Panitia kegiatan, Dokter ketut sampaikan bahwa prevalensi penyakit Diabetes di Kota Pontianak tergolong tinggi, dan diperkirakan akan terjadi peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. Oleh karenanya menjadi hal urgen bagi RSUD Kota Pontianak untuk mengembangkan dan mensosialisasikan secara massif Klinik Edukasi Diabetes kepada masyarakat Kota Pontianak, agar pasien penderita diabetes yang berkunjung ke RSUD Kota Pontianak, disamping mendapatkan layanan kuratif di Klinik Penyakit Dalam juga bisa mendapatkan informasi lebih mendalam dan edukatif tentang penyakit diabetes di Klinik Edukasi Diabetes RSUD Kota Pontianak. Layanan edukasi Klinik Diabetes RSUD Kota Pontianak hingga saat ini berupa penyuluhan kelompok dalam ruangan klinik, dan konsultasi personal secara langsung kepada narasumber yang kompeten dari tenaga medis dokter, ahli gizi dan perawat. Pasien juga dapat bertanya lebih lanjut tentang pola diet bagi pengidap diabetes, agar dapat mengatur menu makanan keseharian di rumah sehingga lebih terkontrol, dalam konteks ini juga diperlukan peran keluarga bagi anggota keluarga yang mengidap diabetes sebagaimana tema peringatan hari diabetes se-dunia tahun ini.

Mengakhiri kegiatannya, klinik edukasi diabetes RSUD Kota Pontianak membuka sesi tanya jawab berhadiah langsung yang dipandu oleh dokter I Ketut Sujana, Sp.PD.  Acara ditutup dengan foto bersama peserta kegiatan, panitia serta sponshorship institusi swasta yang bekerjasama dengan klinik edukasi diabetes dari Nutrifood, Le Mineral, Tropicana Slim dan Accu Check. (As).




























BERANDAPROFILEPELAYANANPROMOSI & KEGIATANFASILITASPENGADAANMitra Kerjasama
Copyright © 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak