Inovasi

Klinik Diabetes Mellitus
Klinik Diabetes Mellitus
Klinik Diabetes Mellitus

Cegah Si Manis yang Berujung Kronis

Inovasi yang menghantarkan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kamis malam 18 Juli 2019 di Semarang. “Cegah Si Manis yang Berujung Kronis” merupakan tema yang dipilih untuk mempresentasikan urgensi upaya pencegahan terhadap meningkatnya penderita Diabetes Mellitus (kencing manis) di Kota Pontianak melalui proses edukasi yang terintegrasi dalam layanan Klinik Terpadu Edukasi Diabetes di RSUD Kota Pontianak. Terlepas dari konteks penghargaan bergengsi tersebut, bahwa dalam tema tersebut terdapat diksi “Manis” yang seakan menjadi keyword dari diabetes itu sendiri.

Dalam konteks edukasi potensi diabetes mellitus, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie telah membuka Klinik Terpadu Layanan Edukasi Diabetes Mellitus sebagai upaya professional dalam memberikan pengetahuan, edukasi terarah, kontinu dan sustainable, guna mencegah peningkatan angka diabetes mellitus memutus mata rantai penularan perilaku tidak sehat, masyarakat dapat hidup sehat sehingga mampu beraktifitas produktif.

KLIK e-RESEP
Pelayanan e-RESEP
KLIK e-RESEP

e-Resep adalah salah satu cara mengurangi terjadinya medication error. Medication error adalah kejadian yang merugikan pasien akibat pemakaian obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan yang sebetulnya dapat dicegah seperti : penulisan resep, pembacaan resep, penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek, proses penggunaan obat oleh pasien.
e-Resep sendiri terintegrasi dengan SIMRS Rumah Sakit sehingga mempercepat pelayanan di Instalasi Farmasi dan Pasien tidak perlu menunggu lama atau membawa kertas resep ke Apotik.

e-Resep (Electronic Resep) adalah sistem komputerisasi penulisan resep obat yang dikenal dengan istilah e-prescibing dan e-prescription. Pada sistem ini, dokter menuliskan dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi / apotek menggunakan media elektronik menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas.

Pelayanan Pendaftaran Online
SIMPONI
Pelayanan Pendaftaran Online

Antrian pendaftaran yang panjang, tidak tahu dengan fasilitas yang ada, bingung mencari tempat untuk di rawat inap ketika sakit beberapa keluhan ini yang sering terdengar. Bahkan ada yang sampai rela datang dari subuh agar dapat nomor antrian awal. Ini merupakan gambaran yang biasa terjadi di rumah sakit pemerintah. Namun di masa pandemi Covid 19 saat ini kunjungan pasien yang berobat jauh menurun, sehingga pihak manajemen RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie membuat gebrakan terbaru guna meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan pada masyarakat khususnya warga Kota Pontianak yaitu melalui SIMPONI (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Online).

Aplikasi ini dapat digunakan dengan cara mengunduh di Play Store “SIMPONI RSUD Kota Pontianak” lakukan registrasi aplikasi dapat langsung digunakan.
Pemanfaatan aplikasi SIMPONI hingga saat ini telah didownload sebanyak 849. Diharapkan dengan pemanfaatan SIMPONI ini dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi pengguna rumah sakit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

Pelayanan Anti Diskriminasi
Pelayanan Anti Diskriminasi
Pelayanan Anti Diskriminasi

RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak kembali meraih penghargaan Top 99 bidang pelayanan publik dengan Inovasi Pelayanan Anti Diskriminasi. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN) Bapak Syafruddin pada 19 September 2018 di Hotel Shangrilla Surabaya. Penghargaan ini adalah kedua kalinya yang diterima langsung oleh ibu Yuliastuti Saripawan selaku Direktur RSUD Pontianak, setelah sebelumnya juga menerima penghargaan yang sama pada 31 maret 2016.

Berhasilnya RSUD Pontianak masuk dalam nominasi penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik merupakan bukti nyata dan pengakuan secara nasional bahwa RSUD Pontianak berhasil melakukan terobosan layanan publik dengan kategori layanan Anti Diskriminasi. Bentuk pelayanan Publik Anti Diskriminasi dimaksud merupakan pelayanan perumah-sakitan yang tanpa membedakan kelas perawatan, dan status sosial pasien sehingga masyarakat ekonomi menengah kebawah pun akan mendapatkan layanan kesehatan yang sama dengan pasien lainnya.

Pelayanan Pengaduan Online
Pelayanan Pengaduan Online
Pelayanan Pengaduan Online

Telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Penanganan Pengaduan di UPTD RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak pada kamis 26 April 2017. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh unsur di rumah sakit, baik kepala instalasi, kepala ruangan, maupun para dokter, spesialis hingga Komite Medik Rumah sakit. Adapun sebagai narasumber pembicara pada kegiatan tersebut menghadirkan Kasubag Kajian don Konsultasi Hukum Setda Pemerintah Kota Pontianak, dan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalimantan Barat.

Penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan agar dapat mewujudkan pelayanan kesehatan di RSUD Kota Pontianak yang dapat memberikan kepastian hukum terkait penanganan pengaduan, maupun keluhan dari pasien / keluarga pasien pengunjung RSUD Kota Pontianak.

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Klinik Diabetes Mellitus
KLIK e-RESEP
Pelayanan Pendaftaran Online
Pelayanan Anti Diskriminasi
Pelayanan Pengaduan Online
previous arrow
next arrow