Memperingati Hari Ginjal Sedunia 2021: UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Mengadakan Talkshow “Kenali dan Cegah Penyakit Ginjal Sejak Dini”

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia Tahun 2021, pada hari ini Selasa, 30 Maret 2021 Tim PKRS, Seksi Penyuluhan dan Pemasaran, Bidang Pengembangan dan Pengendalian bekerjasama dengan dokter spesialis penyakit dalam dan Unit Hemodialisis UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie melakukan kegiatan edukasi terhadap kelompok pasien penderita diabetes melitus  yang berkunjung di rumah sakit

Hari Ginjal Sedunia tahun ini mengangkat tema “KENALI DAN CEGAH PENYAKIT GINJAL SEJAK DINI” dan fokus menyoroti pencegahan, deteksi dini, dan pemerataan akses pelayanan demi mencegah penyakit gagal ginjal kronis.

Selaras dengan tema tersebut dr. I Ketut Sudjana, Sp.PD. menghimbau kepada kita semua yang masih sehat ginjalnya sebaiknya :
1. Rutin cek kesehatan secara berkala

2. Hindari rokok

3. Lakukan aktifitas sebanyak 2-3 kali seminggu

4. Menjalankan diet sehat dengan kalori seimbang

5. Istirahat yang cukup

6. kelola stress dengan baik

Penyakit gagal ginjal  adalah kondisi ginjal gagal melakukan pekerjaannya yaitu menyaring baik menyaring darah, racun, membersihkan darah dari zat-zat yang tidak perlu, membantu produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan tekanan darah. Kalau fungsi ginjal terganggu maka fungsi tubuh akan terganggu semua. Deteksi dini penyakit ginjal dapat dilakukan dengan rutin mengecek tekanan darah, kadar gula darah, dan pemeriksaan urine. Bagi orang sehat, deteksi dini disarankan dilakukan setiap tahun. Sedangkan bagi orang yang memiliki faktor risiko, deteksi dini sebaiknya dilakukan setiap bulan.  

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *