Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2021 “Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal”

          Masih Dalam rangkaian peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2021, hari ini Kamis, 1 April 2021, Tim PKRS, Seksi Penyuluhan dan Pemasaran, Bidang Pengendalian dan Pengembangan bekerjasama dengan Unit Hemodialisis dan Instalasi Gizi UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan terhadap kelompok penderita Ginjal yang mendapat perawatan Hemodialisis.

         Penyuluhan kesehatan hari ini mengangkat tema “Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal” dengan fokus menyoroti tentang pentingnya rutin melakukan Hemodialisis serta anjuran makan mengikuti diet. Selaras dengan tema tersebut dr. Nurita Kusumawati selaku dokter Umum di Unit Hemodialisis memberi pendidikan dan kesadaran tentang manajemen penanganan penyakit ginjal yang efektif dan pemberdayaan pasien, dengan tujuan akhir hidup nyaman dan produktif. 

         Pasien yang diagnosis mengalami penyakit ginjal bisa menjadi tantangan besar, tidak hanya bagi pasien tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Tata laksana penyakit gagal ginjal akan berdampak besar terhadap kehidupan para pasien, terutama pada pasien dengan penyakit ginjal stadium lanjut. Keterbatasan tersebut seperti kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya bekerja, bepergian dan bersosialisasi, belum lagi adanya sejumlah efek samping yang bermasalah, seperti kelelahan, nyeri, depresi, gangguan kognitif, masalah pencernaan, dan gangguan tidur. Sehingga dukungan bagi pasien gagal ginjal, terutama bagi pasien yang bergantung pada dialisis sangat diperlukan agar para pasien ginjal tidak putus asa dan tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari

         dr. I Ketut Sudjana, Sp.PD menyatakan bahwa “Didiagnosis mengalami gagal ginjal bukanlah akhir dari segalanya, jika sudah gagal ginjal bisa dilakukan terapi penyakit ginjal,” ungkapnya dalam Talkshow dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia di Lobby rumah sakit, Selasa (30/3/2021). 

Untuk melengkapi wawasan pasien, maka pada kesempatan ini dari Instalsi Gizi Juga memberikan pendidikan kesehatan dengan tema “Diet Penyakit Gagal Ginjal dengan Hemodialisis” tujuanya untuk memenuhi zat gizi sesuai kebutuhan sehingga pasien mampu malakukan aktivitas normal sehari-hari. Selaras dengan tema tersebut,  Inggriani Kurniati Sudhiarto Putri, S.Gz mengatakan bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan pasien gagal ginjal dengan Hemodialis dalam dietnya diantaranya: makan teratur porsi kecil sering, jika nafsu makan rendah berikan makanan yang sesuai dengan kesukaan pasien, batasi cairan, dengan masak tidak berkuah (ditumis, dikukus, dipanggang, dibakar, digoreng), jika ada bengkak atau tekanan darah kurang garam dan makanan yang tinggi Natrium (kaldu instan, ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan, vetsin, bumbu instan), hidangkan makan dalam bentuk menarik, makanan tinggi kalori dianjurkan sebagai penambah kalori (sirup, madu, permen) dan dikonsumsi tidak dekat makan karena dapat mengurangi nafsu makan, untuk manambah citarasa makanan gunakan lebih banyak bumbu (bawang, jahe, kunyit, salam, dll)

 

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *