UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Memperingati Hari Malaria Sedunia 2021 “Bersama Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Malaria”

Hari Senin, tanggal  26 april 2021 UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak memperingati Hari Malaria Sedunia dengan mengadakan kegiatan edukasi kepada semua pengunjung rawat jalan untuk mengenal lebih jauh tentang Malaria bersama dr. Nihayatus Solikhah. Penyakit Malaria ternyata masih ada, dan sudah merenggut jutaan nyawa manusia. Dunia dan juga Indonesia telah bersama-sama berjuang untuk bebas dari penyakit Malaria.

Malaria adalah penyakit yang menyerang sel darah merah disebabkan oleh parasit Plasmodium ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Gejala Malaria adalah mengigil, demam, sakit kepala, bekeringat, dan lemas ketika suhunya masih tinggi, dan gejala ini akan muncul 10-15 hari setelah gigitan nyamuk. Pengobatan Penyakit Malaria dengan minum Obat anti Malaria sesuai dengan penyebab Malaria, dan tingkat keparahan atau riwayat wilayah tempat tinggal penderita. Komplikais penyakit Malaria cukup serius diantaranya Anemia Berat, kerusakan otak dan banyak organ tubuh yang gagal berfungsi bahkan bisa berakibat fatal dan lebih rentan jika dilami oleh anak-anak dan lansia. 

Pencegahan penyakit Malaria sangat mudah dilakukan yaitu tidur dengan menggunakan kelambu, memakai baju dan celana  panjang, selalu menggunakan lotion atau semprotam nyamuk, dan dokter bisa memberkan Obat Anti Malaria kepasa seseorang yang berencana bepergian atau tinggal di wilayah yang banyak kasus malarianya. Mari kita dukung program pemerintah menuju Indonesia bebas Malaria

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *