UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Menerima Bantuan Konsentrator Oksigen

RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak sebagai salah satu penerima bantuan Konsentrator Oksigen dari Presiden Republik Indonesia . Bukan hanya untuk rumah sakit pemerintah, tetapi rumah sakit swasta yang menangani pasien Covid-19 akan menerima bantuan oxygen concentrator.  Penyerahan bantuan ini secara simbolis disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.    kepada Direktur RSUD dr. Soedarso, Direktur RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak, Kepala Rumah Sakit Kartika Husada, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Anton Soejarwo, serta disaksikan oleh seluruh Bupati/Wali Kota di Kalimantan Barat secara virtual.

“Oxygen concentrator bantuan Presiden RI untuk Provinsi Kalimantan Barat digunakan untuk pasien Covid-19 yang sangat membutuhkan, khususnya di ruang rawat intensif (ICU). Alat ini dapat mengubah udara disekitar ruangan yang umumnya mengandung nitrogen menjadi oksigen, sehingga sangat membantu bagi pasien Covid-19,” jelas Gubernur di Ruang Analisa Data Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (3/8/2021).

Oxygen concentrator akan dibagikan ke seluruh kabupaten dan kota di wilayah Kalbar, pembagiannya akan disesuaikan dengan kondisi daerah dalam menangani pasien Covid-19. “Setiap kabupaten/kota akan mendapatkan 4-6 unit, tergantung dari volume penanganan pasien Covid-19. Sebagai contoh, Kabupaten Kayong Utara mendapat 3 unit, sedangkan Kabupaten Ketapang mendapat 6 Unit. Ini dikarenakan volume penanganan Covid-19 di Kabupaten Ketapang lebih tinggi dibandingkan di Kabupaten Kayong Utara,” jelas H. Sutarmidji.

Gubernur menjelaskan penggunaan alat tersebut sangatlah mudah yaitu dengan hanya mengubungkan ke aliran listrik, otomatis akan mengubah nitrogen menjadi oksigen. Presiden Republik Indonesia memberikan bantuan sebanyak 100 unit oxygen concentrator kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk rumah sakit yang sangat membutuhkan. Bantuan tersebut tiba dan diterima di Pendopo Gubernur Kalbar, pada hari Senin tanggal 2 Agustus 2021.

Oxygen concentrator yang sudah diterima oleh RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak, dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada pasein Covid-19 yang sangat membutuhkan. Dan harapannya dapat membantu menurunkan angka kematian akibat Covid-19

Hits: 45

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *